Senin, 23 Januari 2012

Resume of New Quantum Tarbiyah

     Secara umum, buku ini berisi tentang pelatihan dan penggalian potensi diri. Ada per subjudul yang ditulis dengan huruf kapital dan di halamannya full gambar dan berisi sedikit ulasan makna di sub judul tersebut. Kemudian sub dari sub judul yang dicetak tebal, dilanjutkan sub dari sub-subjudul ditulis seperti biasa.

START SMART
Episode Dahsyat Full Manfaat
    Kader diharapkan sebagai pintu dari berjuta hikmah, berjuta ilmu. Kesadaran belajar dimulai dari timbulnya rasa simpat terhadap masalah yang ada di sekitarnya. Melalui tarbiyah, dakwah akan lebih efektif karena diemban oleh kader yang kompeten. 
     Dimulai dengan bismillah, kemudian membebaskan diri dari masalah sehingga hati siap dengan niat lurus dan termotivasi. Sehingga fisik siap agar percaya diri, siap pikiran sehingga konsentrasi baik., siap pula finansialnya. Perwujudan cita-cita besar memerlukan komitmen dan pelaksanaan kegiatan untuk mewujudkannya. Pertahap pelaksanaan, senantiasa evaluasi diri. Siapkan pula mental untuk menerima hal-hal baru, sesuatu yang berbeda. Jangan lupa, asa pembelajaran : persamaan, partisipatif, dan spontanitas. 

GLOBAL THINKING
Spirit yang Hilang 
     Saat semangat hilang, lakukan perjalanan untuk menimbulkan inspirasi. Bisa jadi masalahnya ada pada "rumah", kondisi hati, lingkungan, dll. Pernahkah melakukan kesibukan yang sia-sia? Ngaji tidak terasa menyenangkan, dkawah menjadi beban, tidak ada peningkatan diri, pengangguran di jalan dakwah.... Ingatlah bahwa Allah menguji pada titik terlemah. Saat spirit hilang, maka berbenahlah, dimulai dari hal sederhana, kemauan, sibukkan diri pada hal-hal penting, bermanfaat, teguh dalam berucap, jadilah problem solver, dan berjiwa besar. 

BREAKING THE LIMIT
Breaking The Limit 
     Jadikan masalah sebagai peluang, cari hikmah di dalamnya. Nasab bukan jaminan sukses, dengan belajar berarti mengubah diri menjadi lebih baik. Bersiap-siaga, dan jangan jadi kader manja tanpa prestasi. 
Paradigma Baru Tarbiyah
     Tarbiyah sebagai jalan perubahan. Tarbiyah dan dakwah saling menjaga dan mengisi, berpikir untuk memberi, meraih sukses dengan memanfaatkan momentum.
Re-Code with Tarbiyah
     Tarbiyah adalah perubahan. Biasa menjadi luar biasa, terbatas menjadi teratas, sederhana tetapi penuh berkah, ubah yang biasanya hanya mendapat tenaga sisa menjadi prioritas utama, tenang untuk menang, dan menyegarkan paradigma tarbiyah.

NEW QUANTUM TARBIYAH
Visi Misi Tarbiyah
     Dengan visi dan misi yang jelas maka akan konsisten untuk mewujudkan obsesi dan mimpi-mimpi menjadi nyata. Dengan visi meng-Islamkan orang Islam, maka misinya adalah perubahan sehingga terbentuk kader, agar agama Allah tegak di hati dan di bumi.
Quantum Tarbiyah
     Adalah memproses potensi menjadi karya melalui aktivitas tarbiyah. Tarbiyah adalah proses untuk memperbaikik sesuaua, menjaga, dan terus memelihara sampai akhir dengan baik. Mulai dari keunikan pribadi, dari diri sendiri, berkomitmen, mulai dari keterbatasan, lakukan positioning diri, dan berprestasilah.
Motivasi Tarbiyah
     Luruskan niat. Apa yang diniatkan itulah yang didapat. Bangkitkan motivasi dengan menggali manfaat. Ketika tergabung hati yang cerdas, dengan pedang yang tajam, dan kesadaran yang tinggi, maka kezaliman akan menjauhimu (Hikmah).
Sosiologi Tarbiyah
     Dakwah tidak dibangun untuk loyalitas pada figur atau sosok, tetapi loyalitas pada nilai.
Spirit Tarbiyah
     Tarbiyah mengembalikan sesuatu yang mustahil menjadi mungkin. Agar jiwa tergugah, spirit-spiritnya : untuk bangkit, untuk orisinalitas, untuk melejit, merevolusi diri, untuk memulai, untuk membangun militansi, untuk membina diri, janji dan transaksi, konsisten, pembelaan dan siap mengambil resiko, serta memprogram diri dengan teliti.
Trilogi Tarbiyah
     Terdiri atas tilawah, tazkiyah, ta'lim. Diaplikasikan secara informatif, persuasif, warning, dan isntruktif. Diterapkan dengan zikir, pikir, dan skill.
Filosofi Tarbiyah
     Tentang kategori pembelajar : pencari sertifikat, manusia pelajar, dan manusia pembelajar.
Filosofi Kader
     Kader adalah pemimpin sekaligus pembelajar. Menjadi pemimpi sebelum pemimpi + N (niteni, nirokake, nemukake, nimbang, nambahi)\
Filosofi Proses : From Zero
     Manusia lahir dari keadaan tak tahu dan tak punya apa-apa. Fitrahnya manusia adalah suci. Hal-hal pengotor : kebodohan, kehinaan, kefakiran, perpecahan Apabila pengotor tersebut ada pada komunitas , maka akan menjadi bentuk kesesatan yang nyata. Tarbiyah membina agar manusia sesuai fitrahnya.
Filosofi Batu Bata
     Prose tarbiyah seperti orang mencetak batu bata. Dimulai dari mencari tanah, hingga memprosesnya menjadi batu bata yang siap menjadi penyusun bangunan yang kokoh dan kuat.
Output :Kader Dahsyat Full Manfaat
     Bercermin pada keadaan sekitar. Mengikis habis sifat egois. Menjauhi debat tak manfaat, cerdas dalam memahami realitas, berpikir visioner, pantang meminta jabatan, berani tetapi tidak emosional, tunduk pada tuntutan tugas.

AGAR TARBIYAH SEINDAH JANNAH
Hadirkan Jannah dalam Halaqoh
     Menciptakan suasana efektif, membina hati dengan free, fun, fair, friendly seperti perlakuan Rasulullah SAW kepada seorang pemuda yang meminta izin untuk berzina. Agar pertemuan menyenangkan, maka tunaikan 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun), jadilah problem solver, ingat the law of attraction, inspiratif, dan setia (bahkan) pada yang tidak hadir.
Majelis yang Manis
     Ada etika dalam majelis, seperti yang diajarkan Jibril AS. Juga ada anatominya seperti : iftitah, tilawah, kalimat halaqoh, talaqqi, mutaba'ah, qadhaya, ta'limat, evaluasi, ikhtitam; agar tertib.
Mendesain Pertemuan Pertama
     Ciptakan pertemuan pertama yang berkesan, dengan mengoptimalkan persiapan, segar-bugar, luruskan motivasi, kendalikan rasa takut, bangun percaya diri, kenali medan prestasi, dan gunakan adaptor dakwah (sosial, intelektual, budaya dan bahasa, ekonomi)
The Best Presenter
     Siapa? Tentu Rasulullah SAW. beliau berucap dengan efektif penuh makna. Yaitu : berkata benar dengan menarik, mudah dipahami dan bercita rasa tinggi, ritmik tidak terlalu cepat, humoris dalam kebenaran, service excellent, mendengarkan dengan baik.
Making Power Forum
     Yaitu dengan : selalu menghadap ke arah audiens, fokus pada gagasan utama, menarik perhatian audiens, cenderung pada keinginan audiens, membatasi presentasi pada gagasan utama, penuhi gerbong gagasan dengan point subsidir, ikat gagasan dengan pengait kuat, waspada jangan sampai keluar rel, perhatikan gerbong terakhir, melompat dari kereta gagasan.
With Power
     Untuk presentasi gagasan, gunakan P(Punch), O (One theme), W(Window), E (Ear and Empati), R (Resume).

KINI ENGKAU JADI MUROBBI
     Profil murobbi : jadi diri sendiri, benahi motivasi, tentukan tujuan, dan output harus jelas. #
     

3 komentar:

  1. syukron ukhti..
    nanti resuman keakhwatan 1 dan dakwah kampus juga di upload ya,.
    hehe :D

    BalasHapus
  2. iyaa,, sama2.. itu, coba cek udh da keakhwatan 1, .. yg dkwah kampus nyusul yah, msih draft :D

    BalasHapus