Kamis, 19 Januari 2012

10 Sahabat yang Dijamin Masuk Surga

     Dari Abu Dzar R.A, bahwa Rasulullah SAW masuk ke rumah Aisyah R.A dan bersabda, " Wahai Aisyah, inginkah kau mendengar kabar gembira?" Aisyah R.A menjawab, " Tentu, ya Rasulullah." Lalu Nabi SAW bersabda, " Ada sepuluh orang yang mendapat kabar gembira masuk surga, yaitu : Ayahmu masuk surga dan kawannya adalah Ibrahim. Umar masuk surga dan kawannya adalah Nuh. Utsman masuk surga dan kawannya adalah aku. Ali masuk surga dan kawannya adalah Yahya bin Zakariyya. Thalhah masuk surga dan kawannya adalah Daud. Azzubair masuk surga dan kawannya adalah Ismail. Sa'ad masuk surga dan kawannya adalah Sulaiman. Said bi Zaid masuk surga dan kawannya adalah Musa bin Imran. Abdurrahman bin Auf masuk surga dan kawannya adalah Isa bin Maryam. Abu Ubaidah bin Jarrah masuk surga dan kawannya adalah Idris Alaihissalam. (Tercatat dalam "Arriyadh Annadhirah FI Manaqibil Asyarah")
Abu Bakar bin Qohafah, berasal dari keluarga Tamimi. Beliau adalah pedagang yang selalu menjaga kehormatan diri. Berakhlak mulia. kaya, dermawan, dan berkarakter mirip Rasulullah SAW. " Jika ditimbang keimanan Abu Bakar dengan keimanan seluruh umat niscaya akan lebih berat keimanan Abu Bakar. " (H.R Al Baihaqi). Pada masa pemerintahan kekhalifahannya, Al Quran mulai ditulis dalam lembaran-lembaran.
Umar bin Khattab. Masih satu kakek dengan Rasulullah SAW, Ka'ab bin Luai. Umar pandai berdiskusi, berdialog, memecahkan masalah, bertemperamen kasar. Saat beliau masuk Islam, dakwah dilakukan secara terang-terangan. Saat menjadi khalifah, Umar selalu memperhatikan kesejahteraan umatnya. Setiap malam, beliau selalu berkeliling, khawatir ada yang belum terpenuhi kebutuhannya. Di masa ini pula, kekuasaan Islam semakin meluas ke Jazirah Arab. 
Utsman bin Affan "Orang yang paling kasih sayang diantara umatku adalah Abu Bakar, paling teguh dalam menjaga ajaran Allah adaah Umar, dan yang bersifat paling pemalun adalah Utsman. " (H.R Ahmad, Ibnu Majah, Al Haki, At Tirmidzi). Beliau sangat dermawan. Di masa kekhalifahannya, Utsman merintis Al Quran dalam bentuk mushaf, dari lembaran-lembaran yang mulai ditulis  di masa pemerintahan Abu Bakar.
Ali bin Abi Thalib . Sederhana hidupnya. merupakan pemuda pertama yang masuk Islam di usia beliau yang kesepuluh. Sepupu sekaligus menantu Nabi SAW (dengan Fatimah Az Zahra).
Thalhah bin Ubaidillah Saat perang Uhud, beliau memapah Rasulullah SAW yang berdarah ke bukit Uhud , yang berada di ujung pertempuran saat kaum musyrikin meninggalkan medan peperangan karena mengira Rasulullah telah wafat. Kemudian beliau berkata, " Aku tebus engkau, ya Rasulullah, dengan ayah dan ibuku." Nabi tersenyum seraya berkata, " Engkau adalah Thalhah kebijakan." dan sejak itu beliau mendapat julukan Burung Elang dari Uhud. 
Azzubair bin Awwam. Beliau adalah sahabat karib Thalhah. Saat perang Badar, beliau menusuk kedua mata Ubaidillah bin Said Ibnul Ash sehingga membuat kaum Quraish ketakutan. " Setiap Nabi memiliki pengikut pendamping setia (hawari) dan hawariku adalah Azzubair bin Awwam, " sabda Nabi SAW. di kekhalifahan Umar, beliau menjadi salah satu komandan yang membawa kemenangan kaum muslimin atas Romawi. 
Abdurrahman bin Auf. Seorang kaya raya, dermawan, pedagang sukses. Wasiat beliau adalah memberikan sebagian hartanya untuk ummahatul mukminin, sehingga Aisyah R.A berdoa, " Semoga Allah memberikan minum kepadanya air dari mata air salsabila di surga."
Sa'ad bin Abi Waqqash,adalah orang yang pertama terkena panah fi sabilillah. Keislamannya dikecam ibunya, namun beliau tetepa kukuh pada keislamannya. 
Said bin Zaid, sahabat yang murah tangan dan dermawan. Merupakan adik ipar dari Umar bin Khattab.
Abu Ubaidah bin Jarrah. Saat perang Badar, beliau terpaksa membunuh ayahnya sehingga Allah menurunkan Q.S Al Mujadillah : 22. Saat perang Uhud, beliau mencabut  besi tajam yang menempel di kedua rahang Rasulullah SAW sehingga giginya tanggal. Rasulullah bersabda, "Tiap-tipa umat ada orang pemegang amanat , dan pemegang amanat umat ini adalah Abu Ubaidah bin Jarrah." 
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar