Minggu, 12 Februari 2012

Menyantap Pualam

     Tahu batu Marmer...? Batu Pualam...? Yup, keduanya adalah batu yang sama (gubraakkk). FYI yaa, batu ini berasal dari batu gamping melalui proses metamorfosis. Berwarna putih dan terutama tersusun oleh mineral kalsit. Kalau disentuh rasanya dingiiiinnn....karenanya, ia sering dipakai sebagai lantai atau sebagai pernak-pernik ruangan karena warnanya yang cantik. Nah, bagaimana kalau pualam cantik ini kita makan? :D
     Lembut, dingin, manis.
     Ih, masak ? Batu gitu lho.
     He..he.... bukan. Lembut-dingin-manis yaa puding dunk... ^.^ paling enak disantap sebagai hidangan pencuci mulut. Agar lebih sehat n bener2 sesuai selera, enaknya bikin sendiri laah. Resep didapat dari buku entah apa judulnya. This is the simple way :

Bahan :
1 bungkus agar-agar tanpa warna/putih
200 cc air
300 cc susu cair
100 gram gula pasir
vanili secukupnya
1 kuning telur
1 sdm coklat bubuk





Cara Membuat :
1. Rebus susu + gula + vanili. Tunggu sampai benar-benar     mendidih.---> ( campuran 1)
2. Ambil setengah dari rebusan susu-gula-vanili tadi, campurkan dengan agar-agar bubuk+air. Rebus lagi  sampai mendidih.               ---> (campuran 2)
3. Sisa rebusan dari campuran 1, tambahkan kuning telur, aduk rata. {agar kuning telur lebih matang, bagian ini saya rebus sebentar. kalau nggak juga ga pa2 c, resep aslinya begini}  --->(campuran 3)
4. Campurkan campuran 2 dan campuran 3. Aduk rata.---> (campuran 4)
5. Ambil secangkir dari campuran di atas , beri coklat. aduk lagi.      --->(campuran 5)
6. Ambil cetakan, basahi dengan air. Tuang campuran 4 pada cetakan, kemudian campuran 5. Aduk pelan-pelan hingga menyerupai pualam or marmer.
7. Biarkan dingin, kemudian masukkan dalam kulkas. Biarkan benar2 mengeras.
8. Puding marmer siap disajikan dan dimakan :D
 

2 komentar: